Sabtu, 25 September 2010

TIPS MERAWAT LAPTOP DAN CARA MENGUNAKAN LAPTOP DENGAN BAIK DAN BENAR

TIPS MERAWAT LAPTOP
DAN
CARA MENGUNAKAN LAPTOP DENGAN BAIK DAN BENAR

Di Blog ini saya akan memberikan ulasan tentang bagaimana sih cara merawat dan menggunakan LAPTOP dengan baik dan benar.
Seperti yang kita ketahui, laptop adalah benda yang mungkin gampang rusak atau susah untuk merawatnya. Dibawah ini, saya akan memberikan tips, bagaimana cara merawat serta menggunakan laptop tersebut.
a. Cara merawat LAPTOP
1. Gunakan Laptop hanya pada saat dalam keadaan tidak sambil mengecas
Yah… kita kan udah tau… kalo` laptop dipake` saat sambil nge-cas… baterai nya bisa cepet nge-drop!!!! Jadi kalo` mau nge-cas… mending laptopnya jangan dipake dulu… supaya baterai laptop jadi tahan lama!!! Geto!!!!
2. Jauhkan Laptop dari makanan or minuman.
Menurut web yang udah aq baca (ilhamsk.com), disitu mengatakan kalo` sampai makanan or minuman yang ada didekat laptop tumpah ke laptop,, wah… gawat tuh!!! Bisa-bisa system yang ada dalem laptop bisa ng-Hang!!! Kan gak enak bangetzzz!!!
3. Saat Laptop HIDUP, disarankan menggunakan pendingin laptop
Ini hanya disaranin doank!!! Yah… agar tuh Laptop bisa tahan lama!!!
4. Menggunakan pelapis untuk Key board laptop.
Keyboard dalem laptop, pasti sering banget dimasukin ma debu atau benda-benda kecil lainnya yang bisa ng-buat laptop ng-hang juga. Maka dari itu, biar tuh laptop awet… disarankan untuk menggunakan pelapis keyboard, supaya debu n virus-virus laen gak masuk ke dalemnya.
5. Selalu menutup Layar Monitor jika sedang tidak digunakan
Yah… ini dilakuin supaya laptop gak terlalu lama kebuka atau melindungi LCD dari gangguan benda-benda yang tidak diinginkan. Kayak tergores, tertekan, atau terlalu lebar ng-buka screennya.
6. Hindari meletakkan notebook pada permukaan yang lunak atau lembut.
Seperti sofa, tempat tidur dan karfet. Sebab, pemakaian seperti itu akan menghambat aliran udara dibagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating. (anugrahpratama.com)
7. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri.
Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda. (anugrahpratama.com)

8. Ketika membawa laptop di dalam tas, Anda harus berhati-hati.
Tas yang digunakan untuk membawa laptop pun jangan sembarang tas. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop. (anugrahpratama.com)
9. Hindari Panas Matahari
Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.
b. Cara menggunakan LAPTOP
1. Jangan pernah mematikan laptop tanpa di shutdown
Hal ini dapat mengakibatkan system yang ada dalam laptop menjadi rusak.
2. Backup Data
Ini diluar dari tips merawat laptop tapi karena di dalam laptop banyak data yang penting dan besar, maka back-up secara berkala itu penting. Jangan sampai dipusingkan dua kali dengan rusaknya laptop juga hilangnya data. Lakukan back-up secara berkala untuk menghindari kehilangan data secara total. Biasakan membagi dua atau lebih partisi hard disk sesuaikan dengan kebutuhan kita, misalkan kita memiliki kapasitas hard disk 80 giga kita jadikan dua partisi maka kita bisa menggunakan partisi pertama untuk sistem operasi sedang partisi lainnya untuk khusus menyimpan data. Sehingga jika ada kerusakan pada sistem operasi kita tidak takut data yang kita miliki akan hilang jika laptop harus di install ulang.(Agustina Dewi)
3. Pastikan aplikasi yang digunakan, adalah aplikasi yang memang kita perlukan.
Kata dosen Siskom saya… lebih baik masukkan aplikasi yang memang benar-benaar kita butuhkan. Jangan memasukkan aplikasi yang tidak penting. Sebab itu hanya memenuh-menuhkan isi yang ada dalam laptop.

Tips Perawatan dan Operasi
• Hindarkan laptop dari goncangan atau getaran.
• Jangan meletakkan laptop pada permukan yang tidak rata/stabil.
• Jangan meletakkan apapun yang berat di atas laptop.
• Hindarkan laptop dari panas yang berlebihan atau terkena sinar matahari langsung.
• Jangan meletakkan laptop pada tempat dimana benda asing atau uap yang lembab bisa mempengaruhi sistemnya.
• Jangan menggunakan atau menyimpan laptop di tempat yang lembab.
• Jangan meletakkan laptop di tempat yang bisa menutupi ventilasinya.
• Jangan mematikan powernya sampai anda sudah menutup semua program dengan benar.
• Jangan mematikan perangkat peripheral apapun selama laptop anda sedang menyala.
• Jangan melepas perangkat laptop sendiri.
• Lakukan perawatan rutin pada laptop anda.
• Lepaskan kabel power sebelum memasang perangkat peripheral
• Satu lagi yang tak kalah penting, baca habis manual laptop yang diberikan produsenlaptop anda, sering2 lihat review dan support dari website tentang laptop anda.

Demikian yang dapat saya bagikan untuk diketahui saja. Jika memang ada kesalahan dalam penulisan kata-kata saya mohon maaf ya!!! Mungkin dilain kesempatan saya bisa berbagi dan memperbaiki lagi apa yang ada dalam BLOG saya…
Wassalamualaikum Wr.Wb.

1 komentar:

  1. Waahhh, ada yang punya blog baru .. :D
    Informasi yang bagus
    Semoga terus berlanjut dengan tulisan2 yang lainnya :D

    BalasHapus