Jumat, 10 Desember 2010

Assalamualaikum Wr.Wb.
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah swt. Karena berkat karunia dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan tugas BLOG yang berisi “SOLUSI DARI PERMASALAHAN HARDDISK”. Di blog ini saya menjelaskan beberapa solusi bagaimana cara memperbaiki Harddisk bila terkena masalah seperti dibawah ini :
1.      Harddisk terformat
2.      Data di harddisk terkena virus
3.      Partisi pada harddisk hilang atau terhapus
4.      Harddisk lambat mengakses data atau file
5.      Harddisk Bad Sector
SOLUSI DARI PERMASLAHAN HARDDISK
a.    Harddisk Terformat
Sebagian besar para pengguna komputer pernah mengalami permasalahan kehilangan data. Hilangnya data bisa terjadi dengan berbagai sebab, antara lain terhapus secara tidak sengaja atau unsur kesengajaan orang lain, salah format ataupun karena virus.
Jika kehilangan data terjadi pada anda, pertama kita pikirkan sudah tentu bagaimana mengembalikan data tersebut kembali. Hal yang anda harus lakukan adalah mencoba menggunakan beberapa aplikasi yang saya tawarkan pada artikel ini. Mudah-mudahan data anda yang hilang atau telah terformat tersebut bisa dikembalikan seperti semula atau setidaknya sebagian besar.
Beberapa software yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, yaitu sebagai berikut: 1. PC Inspektor File Recovery versi 4
Download PC Inspektor File Recovery dari http://www.ziddu.com/download/2049337/pci_filerecovery.exe.html (software ini free alias Gratis), kelebihan software ini yaitu mendukung sistem file FAT 12/16/32 dan NTFS. Feature yang baru diantaranya mencari partisi secara otomatis walau boot sector atau FAT telah dibuang atau rusak, recover file dengan waktu dan tanggal yang asli, mendukung saving dari recovered files dalam network drives dan recover file. Install program tersebut di computer anda dengan menjalankan file setup dari file yang sudah anda download. 2. Data yang hilang atau terformat pada flashdisk gunakan Data Doctor Recovery – Pen Drive
Data Doctor Recovery – Pen Drive dapat mengembalikan data untuk beberapa kasus berikut:
·         Mengembalikan file dan folder yang hilang Mengembalikan data yang hilang disebabkan oleh virus
·         Mendukung nama file yang panjang (Dalam beberapa kasus) Mengembalikan data jika Flash disk telah terformat dengan tipe sistem yang berbeda atau parameter yang berbeda.
·         Mendukung penuh Pen Drive(USB Flash), Memory Card, Flash Memory, Kamera digital yang suport USB.
Cara penggunaannya :
·         Install software tersebut pada komputer anda, masukkan serialnya (tersedia dalam paket)
·         Jalankan programnya, lalu arahkan kursor pada disk drive pada form sebelah kiri
·         Pilih Advance Search untuk menelusuri data-data sebaik mungkin yang telah hilang dari USB anda, klik anak panah kanan “next”
·         Klik next lagi untuk memulai pencarian data-data anda, dan program berjalan
Setelah selesai, pilih next, dan check list/pilih data-data yang mana saja yang mau di ambil kembali pada form sebelah kiri
·         Setelah itu klik kanan mouse anda dan pilih save/simpan dan siapkan folder untuk menyimpan data-data anda yang telah dikembalikan.
·         Cek folder tersebut, bila disana terdapat data-data anda maka program ini berjalan dengan baik, dan selamat kepada anda bila data anda kembali setelah ter-format pada flash-disk.
·         Tutup program tersebut, bila ada pilihan pilih “yes” untuk save log data yang telah dijalankan.
·         Dapatkan softwarenya dengan download alamat link berikut:
3. Ontrack Easy Recovery Professional (mengembalikan terhapus dan terformat pada hardisk)
Software ini menyediakan sebuah solusi yang sangat komplit sehubungan dengan data yang hilang atau urusan recovery data yang hilang karena:
·         Virus.
·         Sektor yang tidak terbaca
·         Kesalahan aplikasi, system, atau shut down yang tidak normal.
Kerusakan pada critical area.
·         Ter-format
·         Penyebab lain yang memungkinkan hilangnya data.           
Software ini di-install pada Windows 98 SE, Me, 2000, or XP, dan dapat me-recover data untuk pada semua sistem windows. Software ini memiliki empat feature utama, yaitu:
Disk Diagnostics, yaitu tool untuk mengecek kondisi hardisk Anda apakah masih bagus atau tidak. Data Recovery, yaitu tool untuk mengembalikan data / file karena terhapus, terformat, dan sebagainya.
Email Repair, yaitu tool untuk mengembalikan data email Outlook Express yang terhapus atau rusak. File Repair, yaitu tool untuk memperbaiki data / file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang rusak karena virus atau sebab lain.
Mari kita lihat satu per satu fasilitas yang ada dalam software ini.
3.1. Disk Diagnostics
Tool yang ada dalam Disk Diagnostics ini adalah: Data Advisor, untuk membuat disket recovery. Drive Tests, untuk mengetes kondisi fisik dari hard disk (disk drive). Jumper Viewer, untuk melihat posisi jumper pada hard disk. Partition Tests, untuk mengecek kondisi partisi hardisk.
Size Manager, untuk melihat kapasitas hard disk SMART Tests, digunakan untuk mengetes kondisi Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology pada suatu hardisk.
3.2. Data Recovery
Tool-tool yang ada dalam Data Recovery ini adalah:
Advanced Recovery, untuk mencari data yang sudah tidak dapat di-recover dengan tool lain, yaitu karena ter-format, ter-partisi, virus, atau hal lain.
Deleted Recovery, untuk mencari data yang sudah dihapus.
Format Recovery, untuk mencari data pada hard disk yang sudah di-format.
Raw Recovery, untuk mencari file yang hilang berdasarkan signature.
Resume Recovery, semua proses recovery dapat dihentikan sementara dan dilanjutkan pada lain waktu. Emergency Media, untuk membuat disket atau CD yang digunakan untuk merecover data / file hilang.
3.3. Email Repair, digunakan untuk mengembalikan data email Outlook dan Outlook Express yang hilang.
3.4. File Repair, digunakan untuk mengembalikan file-file Microsoft Office dan ZIP yang rusak. 
Tool ini dapat memperbaiki file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang corrupt / rusak karena virus atau sebab lain.
Data atau file yang hilang lebih sulit di-recover jika: 1) Anda menambahkan file baru setelah Anda menghapus atau memformat hard disk. 2) Anda menggunakan FAT32 dalam Windows XP.
Satu lagi software yang saya tawarkan untuk mengembalikan data yang terhapus atau telah terformat, yaitu Stellar Phoenix FAT & NTFS, dengan alamat link http://www.stellarinfo.com/index.htm
b.    Data di Harddisk terkena virus
Sebuah virus komputer berkembang sangat cepat.Setiap hari muncul virus baru yang dapat merusak sistem komputer untuk. Antivirus Sedangkan perangkat lunak selalu diperbarui harus telah meninggalkan, karena setelah baru virus muncul beberapa waktu kemudian pada antivirus . Jadi kita akan menjaga komputer Anda pada serangan pertama sebelum muncul antivirus.. Virus bisa masuk ke ke dalam komputer di berbagai cara Itulah mengapa tidak ada metode sederhana untuk melindungi sistem. Hanya serangkaian tindakan dapat memberikan perlindungan yang dapat diandalkan dari infeksi. Berikut adalah sembilan langkah untuk melindungi MS sistem PC berbasis windows dari virus.
1.    Buatlah backup secara teratur. 
Harus mencatat bahwa tidak ada cara yang benar-benar aman perlindungan akan Virus. Pencipta selalu menemukan celah dalam produk-produk komputer baru untuk penggunaan neginfeksi sistem komputer mereka. Beberapa virus yang cukup berbahaya dapat merusak file data atau bahkan menghapus seluruh file system. Buat back-up secara teratur file data Anda ke perangkat penyimpanan yang terpisah prosedur. Cobalah untuk menyimpan pada hard memisahkan flash drive, kartu kompak, disk penyimpanan perangkat lain atau file yang Anda Untuk memilih. kemudahan, Anda dapat menggunakan beberapa software backup otomatis. Dan siap jika sistem akan mati karena infeksi virus. 
2.    Siap untuk menginstal ulang sistem anda jika rusak oleh virus. 
Menyiapkan perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak distributives Anda gunakan dan menjaga mereka bersama-sama, misalnya, OS dan CD komputer dan peralatan lainnya driver driver jika. ini Dalam kasus infeksi virus akan menyebabkan kegagalan sistem dapat dipulihkan dengan cepat menginstal ulang media Anda ke sistem komputer Anda . 
3.    Melindungi koneksi jaringan Anda dengan firewall. 
Firewall adalah sebuah perangkat lunak yang blok koneksi mencurigakan dan mencegah virus untuk menembus jaringan Anda ke dalam sistem.sistem Windows XP terlalu sederhana namun dapat diandalkan built-in firewall dapat. Anda mengaktifkannya dengan cara berikut.
  • Pada Control Panel, klik dua kali Sambungan Jaringan dan Internet, kemudian klik Network Connections.
  • f Klik kanan koneksi yang Anda ingin mengaktifkan firewall, dan kemudian klik Properties.
  • Pada tab Advanced, klik Pengaturan kotak Windows Firewall
  • Ketika jendela Windows Firewall muncul, centrang pilihan Aktif (disarankan) 
Jika Anda membutuhkan lebih mengontrol koneksi jaringan yang fleksibel, Anda bisa mendapatkan dan menginstal perangkat lunak firewall yang lebih canggih seperti Norton Personal Firewall atau firewall Outpost.. Bila Anda menggunakan software ini Anda memiliki kemampuan untuk mengizinkan atau memblokir sambungan tertentu dan ke jaringan memonitor aktivitas
4.    Gunakan perangkat lunak antivirus.
Instalasi perangkat lunak antivirus akan memindai sistem anda untuk dan menghapus virus secara teratur sistem. Pemimpin perangkat lunak antivirus pada produk Windows untuk adalah Norton Antivirus, McAfee, Kaspersky Anti-Virus dan PC-cilin.
5.    update. Teratur sistem operasi Anda.
Windows XP memiliki built-in layanan update otomatis untuk Reguler. Microsoft kontak server untuk menemukan pembaruan dan memberitahu Anda jika update siap diinstal untuk Penting. pembaruan karena hacker secara teratur mencari lubang di sistem operasi yang sering digunakan oleh pencipta virus (Sangat berguna Anda yang menggunakan Windows Original).
6.    Jangan menginstal dan menjalankan perangkat lunak mencurigakan.
Check out program-program baru yang akan menginstal dengan perangkat lunak anti-virus Anda.. Jangan men-download perangkat lunak mencurigakan dari situs. Untuk men-download perangkat lunak situs pencipta selalu mencari perangkat lunak resmi atau distributor Jangan menggunakan aplikasi yang diterima melalui email dari orang asing.
7.    Membatasi akses ke komputer Anda.
Lindungi dengan password ke dalam sistem, yaitu dengan password pengguna dalam rangka ketika Anda masuk ke sistem windows harus log nama pengguna dan sandi
8.    Jika Anda menggunakan Internet Explorer coba pindah ke browser lain.
Karena IE adalah browser yang paling sering menjadi target atau menggunakan pembuat virus itu aktif menggunakan kelemahan dalam sistem keamanan yang dapat menginfeksi komputer Anda. Infeksi mungkin timbul jika anda akan mengunjungi halaman Web yang berisi kode berbahaya yang tak terlihat. Anda lebih aman jika anda menggunakan browser yang tidak dikenal hanya karena pembuat virus tidak banyak perhatian pada mereka alis. IE utama pesaing browser Firefox dan Opera sekarang menyediakan antarmuka yang mudah digunakan yang sama dan jangkauan pelayanan untuk bekerja di Web.
9.    Gunakan perlindungan spam.
Virus sering didistribusikan melalui email Anda. Yang Aktifkan filter spam di kotak email untuk memblokir spam yang diterima. Jika Anda memerlukan bantuan dengan penggunaan filter, Anda dapat meminta penyedia email Anda.

c.    Partisi pada harddisk terhapus atau hilang
Melakukan recover data didalam harddisk (storage)
Sebelum hanya perusahaan software membuat software recovery harddisk. Kehilangan data dari sebuah harddisk adalah sebuah mimpi buruk. Tetapi sekarang ini adalah beberapa software yang mampu melakukan pengembalian data pada sebuah harddisk. Bila anda secara tidak sengaja menghilangkan data anda, contohnya partisi pada harddisk, logical drive yang terhapus atau harddisk secara tidak sengaja terhapus. Persiapkan langkah langkah seperti dibawah ini :
* Cara yang terbaik adalah mengunakan 2 harddisk. Harddisk yang mengalami kerusakan, atau hilang data digunakan sebagai harddisk kedua. Sedangkan harddisk pertama digunakan sebagai sistem recovery dan melakukan backup data yang hilang.
* Bila anda memiliki 1 buah harddisk berisikan boot sistem dengan 1 partisi dengan Primary Partition. Langkah terbaik untuk tidak mengunakan harddisk tersebut untuk melakukan recover. Gunakan harddisk lain untuk melakukan recover dengan menginstal software recovery data. Upaya ini untuk mencegah data anda terhapus secara permanen.
* Bila anda memiliki beberapa drive letter misalnya C,D,E. Anda dapat mengunakan harddisk untuk melakukan recovery data. Dengan catatan tidak menginstall kegiatan penulisan pada drive letter yang berisi data penting dan telah terhapus secara tidak sengaja. Sebagai contoh, Data anda berada didalam drive letter E. Maka anda tidak boleh mengunakan Drive letter E untuk menginstall program apapun. Program recovery data dapat ditempatkan pada drive letter lain misalnya di D dan C.
* Bila secara tidak sengaja anda menghapus partisi harddisk anda. Anda tidak boleh mengunakan harddisk tersebut untuk melakukan install software apapun. Gunakan harddisk lain untuk mencari data anda didalam harddisk yang terhapus.
* Sekalipun harddisk anda telah kehilangan informasi atau harddisk anda mulai mengalami gangguan seperti bad sector. Sistem recovery data dapat melakukan pengembalian data anda. Asalkan harddisk masih dapat dikenal oleh harddisk pembantu untuk melakukan recovery
* Software recovery data hanya melakukan pengembalian data anda yang terhapus secara tidak sengaja. Tetapi tidak mengembalikan bentuk partisi anda seperti semula.
Undelete file / mengembalikan file terhapus
Undelete file atau mengembalikan file yang terhapus tidak terlalu sulit. Banyak software utiliti dengan menambahkan fitur undelete file
Misalnya Tune-Up menyertakan fitur untuk mencari file atau directory yang terhapus pada sebuah drive letter. Atau dan Recover4All dengan kemampuan khusus untuk melakukan pencarian file yang terdelete. Software utility tersebut dapat mencari nama file yang telah terhapus, dan memilih apakah kondisi file yang terhapus masih baik atau utuh. Software undelete file membutuhkan input dari pemakai untuk mengembalikan nama file aslinya. Karena pada sistem WIndows, file yang dihapus akan dihapus karakter paling depan. Misalnya file anggaran.xls masih dapat ditemukan dengan nama ?nggaran.xls. Dan karakter awal harus dimasukan secara manual.
Mengembalikan data pada Partisi atau drive letter yang terhapus
Kami mencoba 2 buah software handal untuk melakukan recovery data. Kedua software dibawah ini mampu mengambil data dari sebuah storage yang telah hilang sampai tingkat logical drive atau drive letter maupun informasi pada partisi. Artinya, sebuah harddisk yang sudah dianggap tidak memiliki partisi (blank) lagi ternyata masih dapat dicari sisa data dari file yang ada didalam harddisk.
Kemampuan kedua program dibawah ini adalah :
* Mendukung FAT16, FAT32, VFAT, NTFS
* Recover file yang terhapus termasuk folder
* Mengembalian file yang hilang dari terhapusnya partisi bahkan yang terformat dengan sistem cepat / QUICK.
* Mengembalikan data dari storage yang tidak dapat di access lagi atau terjadinya corruption file dengan pencarian sector
* Mendukung multi disk format seperti IDE sampai SCSI
* Bekerja pada Sistem Windows 95 - XP dan 2003 untuk Stellar
Kedua software tersebut mampu mengambil data baik partisi dan drive letter yang telah anda hapus. Bahkan software recovery data akan mencoba mencari data anda walaupun harddisk atau storage media mengalami cacat fisik misalnya bad sector.
d.    Harddisk lambat mengakses file atau data
·         Temporary Files
Sebuah komputer dengan sistem operasi Windows secara normal akan membutuhkan atau membuat file-file sementara untuk aplikasi yang dijalankan. Jika file-file temporary/sementara ini tidak dihapus maka akan membuat komputer menjadi agak lambat. Berikut ini ada beberapa file temporary yang bisa dibersihkan guna mempercepat kemampuan komputer:
·         Internet Cache
Web browsers seperti Internet Explorer, Opera, Firefox akan menyimpan semua informasi yang didapat ketika browsing. Biasanya file temporary ini tidak lagi dibutuhkan ketika anda selesai browsing, ada baiknya anda segera menghapusnya daripada membuat Komputer anda menjadi lambat. Cara menghapusnya buka browser yang sering anda gunakan pilih options dan hapus Semua temporary Internet cache (cookies, Download+Internet/URL history, saved form information dll.)
·         Recycle Bin
Jika anda mendelete/menghapus suatu file, Windows tidak serta merta akan menghapus secara permanen file tersebut, windows akan menyimpannya di Recycle Bin sampai anda mengosongkannya (Empty Recycle Bin) tujuannya agar anda bisa mengembalikan file yang dihapus atau tidak sengaja dihapus ke posisi semula. Windows akan menghapus secara permanen file yang telah didelete jika ketika anda menghapus dengan menggunakan kombinasi tombol Shift+Delete, maka file akan dihapus secara permanen. Untuk itu lakukan pengosongan Recycle Bin (Empty Recycle Bin) jika memang file yang dihapus tidak dibutuhkan kembali.
·         Windows Temporary Files
Windows dan beberapa aplikasi/program akan membuat berbagai macam file temporary untuk kebutuhan aplikasi itu sendiri saat dijalankan, kadang-kadang setelah aplikasi selesai digunakan aplikasi/program tersebut tidak menghapus Temporary Files tersebut. Hapuslah Temporary Files tersebut agar windows menjadi tidak lambat dan tidak membuat penuh isi hardisk. Cara menghapusnya buka Windows explorer, arahkan ke “C:\Documents and Settings\(nama user di PC)\Local Settings\Temp” Hapus semua isinya. Hapus juga semua file yang ada di direktori “C:\WINDOWS\Prefetch” (100% aman). :-)
·         Sering Update Windows
Download dan Updatelah windows anda agar komputer anda bisa lebih baik. Dengan meng-Update Windows anda akan mendapatkan banyak keuntungan, misalnya: System keamanan, Pembenahan Bugs (kesalahan programing) dan Error. Cara mengaupdatenya gampang, anda tinggal mengaktifkan automatic updat atau download manual ke situs Microsoft. :-)
·         Files dan Programs Yang Tidak Dipakai
File dan programs yang Tidak dipakai akan sangat mempengaruhi kecepatan komputer anda. Sisa kapasitas hardisk yang sedikit akan sangat mempengaruhi kinerja komputer anda, jika di Komputer anda ada file dan program yang tidak dibutuhkan baiknya anda segera menghapus/meng-Uninstall program tersebut.
·         Unnecessary Startup Programs
Startup Programs adalah program atau bagian dari program yang sudah terinstall yang dijalankan secara otomatis setiap kali windows dijalankan. Jika anda jarang menggunakan suatu program (misalkan Nokia PC Suite) tetapi di Startup Program tersebut dijalankan terus maka akan membuat komputer anda menjadi lambat karena sebagian memory dipakai untuk program yang tidak dijalankan. Cara mengatasinya klik start> Run> ketikan “msconfig” (tanpa tanda kutip), trus pilih tab startup, hilangkan tanda centang pada program yang dirasa tidak perlu dijalankan ketika Windows dijalankan.
·         Registry Yang Salah
Windows Registry berisi informasi yang dibutuhkan Windows dalam setiap operasi, seperti settingan untuk aplikasi-aplikasi, program-program yang di install dll. Jika banyak ditemukan data yang tidak valid pada registry maka kinerja Windows akan menjadi lambat. Untuk mengatasinya anda harus rajin mendefrag atau menjalankan registry cleaning.
·         Hardisk Yang Errors
Jika dalam hardisk terdapat banyak data yang korup, dan error karena sering mati mendadak, di reset, hang dll maka windows akan kesulitan mengakses data yang error tersebut dan menyebabkan lambat. Solusinya lakukan scandisk secara periodik.
·         Fragmentatsi
Fragmentatsi adalah kondisi dimana file dalam hardisk terbagi menjadi beberapa bagian, jika ini terjadi maka Windows aka memakan waktu untuk menyatukan dan baru kemudian menampilkan untuk anda. Solusinya lakukan defrag. klik kanan dan pilih properties pada salah satu drive, pilih tool dan jalankan defragmentation.

e.    Harddisk Bad sector
Harddisk adalah media penyimpan yang sangat penting pada komputer. Sayangnya umur pemakaian yang terbatas. Kerusakan pada harddisk dapat disebabkan beberapa hal.
Misalnya :
·         Power supply yang tidak memadai dan merusak kontroller harddisk dan motor.
·         Harddisk terjatuh dan merusak mekanik didalamnya atau minimal terjadi bad sector.
·         Terlalu sering dibawa bawa tanpa pengaman membuat platter harddisk rusak karena goncangan berlebih.
·         Suhu didalam harddisk yang panas membuat kondisi harddisk dalam lingkungan tidak stabil.
·         Kondisi MTBF/umur harddisk, sudah tercapai dan akan rusak.
Hal yang masih dapat dilakukan untuk memperbaiki harddisk yang terkena bad sector adalah hanya kondisi dimana harddisk masih berputar, keadaan controller harddisk masih bekerja. Tetapi keadaan ini masih dibagi lagi, bila ingin mengunakan harddisk yang terkena bad sector.
Masalah penyebab bad sector adalah salah satu kerusakan yang sering terjadi. Kondisi kerusakan oleh bad sector dibedakan oleh 3 keadaan.
Kondisi dimana platter harddisk aus. Pada kondisi ini harddisk memang sudah tidak dapat digunakan. Semakin lama harddisk semakin rusak dan tidak berguna lagi untuk dipakai sebagai media storage.
Kondisi platter yang aus tetapi belum mencapai kondisi kritis. Kondisi ini dapat dikatakan cukup stabil untuk harddisk. Kemungkinan harddisk masih dapat diperbaiki karena platter masih mungkin dilow level.
Kondisi platter yang aus, baik kondisi yang parah atau ringan tetapi kerusakan terdapat di cluster 0 (lokasi dimana informasi partisi harddisk disimpan). Kondisi ini tidak memungkinkan harddisk diperbaiki.
Membicarakan keadaan harddisk untuk diperbaiki hanya memungkinkan perbaikan pada kondisi ke 2, dimana permukaan harddisk masih stabil tetapi terdapat kerusakan ringan di beberapa tempat.
Demikian isi dari Blog saya. Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Wr. Wb.
Sumber :
1.      Chip
2.      Kidsphantom
3.      Obengware.com
4.      Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar