Rabu, 13 April 2011

SCREEN CAPTURE KUIS PBD I

1.     Langkah pertama yaitu buka sqlplus lewat CLI atau command prompt lalu ketik sqlplus lalu tekan enter. Lalu akan muncul permintaan untuk masukkan user dan password. masukkan user dan password yang telah anda daftarkan, jika sudah anda ketikkan, maka ia akan secara otomatis masuk ke sqlplus.


2.     Untuk soal pertama kita harus membuat table produk dan juga isi dari table tersebut, dengan cara seperti gambar dibawah ini. Jika muncul kata-kata table created, maka table yang anda buat sudah jadi.


3.     Selanjutnya, untuk mengisi table yang telah dibuat, kita bisa menggunakan insert into nama tabel values (‘(ID produk)’,’(Jenis barang)’,(harga),’(date)’), atau anda dapat melihat seperti langkah dibawah ini.


4.     Jika kita ingin mengUPDATE beberapa diantaranya, seperti harga atau pun apapun, kita bisa gunakan perintah update (nama table) set (kolom yang ingin diupdate) = (isi update baru) where (kolom yang lain) = (data pemicu), atau dapat anda lakukan seperti pada gambar dibawah ini.


5.     Anda juga dapat menghapus jenis produk tertentu dengan cara delete from (nama table) where (nama kolom) = (data yang ingin dihapus). Atau dapat dilihat seperti gambar.


6.     Seandainya kolom yang anda inginkan masih kurang, anda dapat menambahkan kolom baru pada table anda, dengan cara alter table (nama table) add ((nama kolom yang ingin ditambah) (jenis kolomnya));contohnya dapat dilihat dibawah ini.


7.     alter table (nama table) modify ((nama kolom yang ingin ditambah) (jenis kolomnya));digunakan untuk mengganti jenis kolom yang anda perkirakan salah. Dapat dilihat bentuknya dari gambar dibawah.


8.     Akan tetapi sebaliknya, jika anda membuat kolom terlalu banyak, maka anda dapat menghapusnya dengan cara alter table (nama tabel) drop column (nama kolom); bisa juga anda lakukan seperti gambar.


9.     Untuk menampilkan keseluruhan kolom yang ada pada table maka kita dapat langsung mengetikkan select * from (nama table).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar